Trans Metro Pekanbaru Tambah Lima Koridor Baru

No comment 2097 views

Bus Trans Metro Pekanbaru, Riau, menambah lima koridor baru, memenuhi banyaknya permintaan dari warga penguna jasa transportasi massal yang selama ini baru melayani dua trayek mulai Januari 2013.

"Mulai Januari 2013, koridor bus Trans Metro Pekanbaru menambah lima koridor sehingga total menjadi tujuh jurusan," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT kepada wartawan Selasa.

Menurut dia, pihaknya menerima banyak masukan dan informasi menyangkut trayek Trans Metro Pekanbaru, karena selama ini baru menjangkau dua koridor.

Bus Trans Metro Pekanbaru (sejenis Busway di Jakarta) hanya melayani trayek, koridor I tujuan Perum Pandau Permai ke Pelita Pantai atau sebaliknya dan koridor II dari Kulim ke Pelita Pantai melintasi jalan Harapan Raya.

Namun rencana penambahan lainnya yakni koridor III jurusan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Panam melintasi jalan Sudirman, koridor IV jurusan Terminal Payung Sekaki melewati jalan Riau kemudian ke jalan Sudirman dan koridor V melayani penumpang jalan Sudirman menuju Pelabuhan Sungai Duku.

Sedangkan koridor VI untuk jurusan Terminal Payung Sekaki tujuan Torganda dan koridor VII tujuan jalan Sudirman ke Rumbai melintasi jalan Yos Sudarso.

Dia menambahkan koridor baru yang dibuka tersebut merupakan jalur padat yang sangat dibutuhkan oleh penduduk setempat.

Semula kehadiran bus Trans Metro Pekanbaru tidak diminati penduduk, karena jumlahnya terbatas dan warga menunggu lama untuk dapat menaiki bus berikutnya.

Dia mengatakan, belakangan ini keberadaan bus tersebut sudah sangat dibutuhkan karena sejumlah jalan protokol di Pekanbaru selalu macet terutama pada jam-jam sibuk.

Bahkan jalur yang dilalui bus yang mengunakan alat pendingin ruangan (AC) itu melintasi pusat pertokoan, pasar tradisional maupun perkantoran pemerintah maupun pihak swasta.

Pada prinsipnya, katanya, keberadaan bus Trans Metro sangat dibutuhkan bagi warga demi sebagai antisipasi kemacetan dan mengurangi gas buang.(ant/ev)

author

Leave a reply "Trans Metro Pekanbaru Tambah Lima Koridor Baru"