Riau Tambah Sumur Minyak Baru

No comment 1140 views

Potensi sumber daya alam dan energi di Provinsi Riau masih menjadi primadona. Ini terlihat dari adanya usulan tiga unit usaha untuk merancang penambahan sumur minyak baru dan pipa bawah laut.
Informasi itu diutarakan Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis kepada Riau Pos, Senin (14/1) usai melakukan pertemuan dengan Kepala Perwakilan Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SAMIGAS) Kementerian ESDM, di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau.

Menurutnya hal itu merupakan progres positif untuk melakukan eksplorasi sumber daya alam secara proporsional.

‘’Mereka meminta waktu untuk membahas tiga unit usaha yang akan melakukan pengembangan. Kita tentunya mendukung itu,’’ tutur Emrizal.

Tiga unit usaha itu antara lain Malaka Street di Kabupaten Meranti, Sumatera Persada Energi dan PT Sarana Pembangunan Riau. Apresiasi diberikan, karena eksploitasi sumber daya alam yang selama ini dilakukan sudah memperlihatkan tren positif.

‘’Ketiga ini mengajukan permohonan izin ke Pemprov. Misalnya, SPR yang berencana untuk mengoperasionalkan tiga sumur. Selama ini mereka punya 22 sumur yang aktif. Begitu juga Sumatera Persada Energi yang juga akan menambah dua sumur,’’ paparnya.

Malaka Street mulai mengajukan pembangunan sistem perpipaan bawah laut dari Kurau ke Selat Lalang. Permohonan berkaitan dengan izin lingkungan.

‘’Secara prinsip tidak ada hambatan untuk itu. Namun, harus ada surat kelayakan dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan,’’ ulas mantan Kepala Bappeda Riau itu.

Saat ditanyakan mengenai produksi minyak dari tiga unit usaha itu, dia mengatakan perolehannya cukup menggembirakan. Di mana, Malaka Street produksinya 650 barel perhari. Sementara SPE dan SPR berkisar antara 500-600 barel perhari.

‘’Pada prinsip tidak ada hal yang menjadi persoalan. Asal lingkungan dijaga dengan baik dengan tetap sesuai aturan yang berlaku,’’ imbuh Emrizal.(muh)

Riau Pos

author

Leave a reply "Riau Tambah Sumur Minyak Baru"