Riau Kekurangan 39 Pabrik Kelapa Sawit

No comment 1778 views

Saat ini, luas kebun sawit di Riau mencapai angka 2,258 juta hektar. Dengan luasan tersebut, jumlah produksinya mencapai angka. Jumlah tersebut tidak bisa dicover oleh PKS yang ada.

Riauterkini-PEKANBARU- Santobri, Ketua Kompartemen Lingkungan Hidup Gapki Riau Kamis (28/2/13) mengatakan bahwa saat ini, jumlah kebun sawit di Riau mencapai 2,258 juta hektar.

Dari luasan jumlah kebun sawit di Riau tersebut, jumlah produksi dengan akumulasi sebesar 20 ton perhektar pertahun, jumlah produksi sawit di Riau pertahunnya mencapai 41 juta ton.

"Dengan luasan kebun sawit di Riau yang mencapai 2,258 juta hektar dan produksi sawit hingga 41 juta ton tersebut hanya ditangani 160 Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Jumlah kebun sawit tersebut masih kurang 39 PKS lagi ," terangnya.

Dengan kondisi seperti itu, tambahnya sangat mempengaruhi harga yang cenderung rendah. Bukan hanya itu, sebaran PKS di Riau tidak merata. Kondisi tersebut menurutnya mempengaruhi harga sawit. Bahkan pengaruh harga sawit juga dipengaruhi penjualan TBS melalui tangan ketiga (pengumpul buah).

"Harga Sawit di tingkat perusahaan seperti yang dirapatkan di dinas Perkebunan. Namun untuk tingkat petani, harga juga dipengaruhi oleh pengumpul buah," terangnya.***(H-we)

Source

author

Leave a reply "Riau Kekurangan 39 Pabrik Kelapa Sawit"