PLN Lakukan Penyalaan Listrik Bergilir

1 comment 2174 views

KOTA (RIAUPOS.CO) - Pemadaman listrik secara bergilir yang terjadi di Kota Pekanbaru menjadi perhatian khusus bagi pihak PLN. Kondisi ini pun menjadi prioritas untuk segera diselesaikan, meski disebutkan pemadaman bergilir ini tidak dikehendaki. Namun diimbau kepada pelanggan untuk hemat listrik, dan hal ini disebut dapat meminimalisir pemadaman.

Kepada Riau Pos, di ruang kerjanya, Rabu (21/5) General Manager PT PLN (persero) area Pekanbaru Agustian, menyebutkan bahwa mengerti dengan keluhan masyarakat, dan juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera menormalkan kembali.

Dijelaskannya, kondisi pemadaman bergilir khususnya untuk Kota Pekanbaru ini terjadi, sehubungan dengan ketidaksiapan beberapa unit pembangkit pada sistem kelistrikan Sumbangteng, lalu keterbatasan transfer daya dari sub sistem Sumbagsel dan kondisi tegangan rendah.
‘’Maka sesuai manajemen beban pemadaman listrik dilakukan pada malam hari khususnya saat beban puncak antara pukul 17.00 WIB-23.00 WIB dalam bulan terakhir ini,’’ kata Agustian.

Dilanjutkannya, pemadaman dibagi dalam beberapa grup, setiap grup waktu pemadamannya dua jam yaitu pukul 17.00-19.00 WIB, 19.00-21.00 WIB dan pukul 21.00-23.00 WIB.

Dilanjutkannya juga, bahwa kondisi beban puncak Riau itu sekitar 490 MW, bahkan pernah mencapai 510MW di suplai dari beberapa pembangkit yang ada di Riau sebesar 380MW, ditambah transfer dari Sumbar sebesar 110MW  secara flukstuatif sesuai kondisi beban pada saat itu.

‘’Sementara kondisi pembangkit Riau yang siap menyuplai daya antara lain Teluk Lembu 95,5 MW, Koto Panjang 98,6 MW, Dumai 33,9 MW, Duri 148,3 MW. Namun untuk penyaluran tidak memiliki kendala,’’ tambahnya di wakili Humas PLN Anson.

Diungkapnya pula, bahwa saat ini beberapa pembangkit tidak siap beroperasi karena pemeliharaan, seperti Ombilin 1 dan 2, PLTG Teluk Lembu 2, PLTU Bio massa, PLTG Teluk Lembu 1,  PLTMG Balai Pungut 6, PLTU Teluk Sirih 1 dan PLTD Pauh Limo 1, yang menyebabkan terjadinya defisit daya pada sistem SBT (Sumatra Bagian Tengah) yang berakibat pemadaman khususnya Riau sebesar 25 sampai dengan 35 MW.

‘’Sedangkan untuk kondisi beban puncak di Kota Pekanbaru sekitar 285 MW dengan jumlah pelanggan di Kota Pekanbaru sekitar 358.000 pelanggan yang disupply dari 2 Gardu Induk yaitu Gardu Induk Garuda Sakti dan Gardu Induk Teluk Lembu,’’ sebutnya.

Untuk itu, sehubungan dengan kondisi tersebut Manajemen PT PLN (Persero) Area Pekanbaru mengimbau kepada seluruh pelanggan PLN untuk dapat berhemat dan bijak  dalam menggunakan listrik. ‘’Ini berguna mengurangi durasi pemadaman. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat pemadaman ini dan kami juga berharap kondisi pembangkit tersebut bisa segera teratasi dan beroperasi secara normal kembali,’’ tutupnya.(gus)

author
  1. author

    domain5 years ago

    My family members always say that I am wasting my
    time here at web, except I know I am getting know-how every day by reading
    thes good content.

    Reply

Leave a reply "PLN Lakukan Penyalaan Listrik Bergilir"