Pedaftaran CPNS Dimulai Hari Ini

No comment 2108 views

PEKANBARU (RP)- Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem online dimulai hari ini (20/9). Proses pendaftaran yang dilaksanakan selama dua pekan itu terbuka untuk umum yang memenuhi persyaratan yang diminta.

Informasi ini dikatakan Kepala BKD Riau, M Guntur kepada Riau Pos, Jumat (19/9) di Pekanbaru. ‘’Insya Allah tidak ada kendala. Sesuai jadwal yang ditetapkan, besok (hari ini, red) pagi pendaftaran sudah dapat dimulai,’’ ulasnya.

Menurutnya, proses pendaftaran dilaksanakan dengan waktu yang bersamaan dengan kabupaten/kota yang juga melakukan penerimaan. Sehingga calon peserta yang ingin berspekulasi untuk mendaftar di dua daerah dipastikan tidak bisa dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, Guntur juga mengimbau kepada seluruh pelamar CPNS, untuk dapat memperhatikan dengan seksama persyaratan apa saja yang telah ditentukan. Sehingga, saat dilakukan verifikasi berkas lamaran itu, tidak ada yang kurang.

Persyaratan pelamar CPNS antara lain, menggunakan kartu penduduk elektronik (E-KTP) Provinsi Riau atau kabupaten/kota atau surat keterangan dalam pengurusan. Usia pelamar serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2014.

Lebih jauh Guntur mengatakan, pengumuman seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2014. Bagi yang lulus, akan melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan sistim computer assisted test (CAT), yang dilaksanakan tanggal 11-24 Oktober mendatang.

‘’Ya untuk proses dan tahapannya sudah kita informasikan melalui website BKD. Masyarakat dapat mengakses persyaratan dan tahapan yang harus dilalui,’’ imbuhnya.

Mantan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau itu menerangkan, dua tahapan seleksi yang diusulkan hanya berlaku untuk Pemprov Riau. Pasalnya, kabupaten/kota memilih untuk melaksanakan satu tahapan seleksi.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kantor Regional (Kanreg) XII Pekanbaru menyebutkan persiapan seleksi terus berjalan. Saat ini terdapat 7 kabupaten/kota di Riau yang menggunakan infrastruktur computer assisted test (CAT) BKN dalam seleksi CPNS 2014.

‘’Kalau yang sudah daftar ke BKN, sampai hari ini ada tujuh kabupaten/kota. Artinya, seleksi CPNS 2014 di kabupaten/kota itu di bawah pengawasan dan asistensi BKN,’’ ungkap Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKN Kanreg XII Pekanbaru, Ana Hasanah Hasanudin.

Ketujuh kabupaten/kota itu yakni Kabupaten Bengkalis, Pelalwan, Rohil, Siak, Kuansing, Pekanbaru dan Dumai. Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hilir yang menggunakan sistem CAT secara mandiri nanti pihaknya menyiapkan aplikasi untuk ujian CAT yang akan dikirim ke Kabupaten Inhil sendiri. ‘’Sedangkan untuk Pemprov Riau sendiri kemungkinan menggunakan CAT mandiri juga karena mereka juga sudah mempunyai aplikasi CAT di Balai Diklat yang terletak di Jalan Ronggowarsito,’’ tuturnya.

Menurut Ana, dengan sistem CAT, konsekuensinya adalah ujian seleksi tidak bisa dilakukan serentak. Setelah proses pendaftaran dan verifikasi berkas selesai di kabupaten/kota, BKN baru membuat jadwal ujian seleksi karena telah mengetahui jumlah peserta seleksi CPNS.  ‘’Dari sana, baru akan disusun jadwal ujiannya untuk masing-masing kabupaten/kota,’’ ujarnya.

Ia menambahkan, meski melalui BKN, masing-masing kabupaten/kota bisa memilih apakah melaksanakan ujian seleksi di kantor BKN Pekanbaru atau melaksanakannya secara mandiri di daerah masing-masing. Di kantor BKN, ada 100 komputer yang biasa digunakan untuk ujian sistem CAT. Untuk daerah yang memilih mandiri, BKN tetap harus memverifikasi infrastrukturnya

author

Leave a reply "Pedaftaran CPNS Dimulai Hari Ini"