Ngidam Nasi Briyani Kambing Bakar di Pekanbaru

No comment 538 views

Tiba - tiba saja kami teringat moment jalan - jalan tempoe doeloe saat berkunjung ke Putra Jaya Malaysia, disana kami sempat menikmati makan siang dengan nasi briyani kari kambing yang rasanya sungguh nikmat dan masih kami ingat hingga sekarang. Nasi Briyani adalah kuliner khas dari timur tengah yang sudah tidak asing lagi di asia tenggara khususnya di wilayah yang banyak ditempati masyarakat melayu karena kuliner ini sudah memiliki sejarah yang cukup panjang sejak masuknya bangsa arab ke nusantara.

Nasi yang bewarna kekuningan yang dimasak dengan berbagai rempah memiliki rasa yang nikmat dan menghangatkan badan, rasanya khas sekali ada rasa gurih dan sedikit berlemak yang merangsang nafsu makan. ahh.. kami ingin mengulangi lagi moment itu namun jauh sekali kalau harus pergi ke Malaysia  untuk menikmati seporsi Nasi Briyani. Tak lama kemudian teman kami memberi kabar bahwa di Pekanbaru baru saja dibuka restoran khas arab. Kami pun mencari tahu keberadaan restoran ini dan kami mendapat info bahwa nama restorannya adalah The Food Opera yang terletak di jalan arifin achmad pekanbaru.

Tak sabar ingin mengobati kerinduan akhirnya malam itu kami putuskan untuk makan malam di The Food Opera. tempatnya mudah ditemukan karena terletak dipinggir jalan dan gadungnya cukup mentereng berupa 2 ruko gandeng yang interiornya di hias nuansa timur tengah. Pelayan pun datang membawakan daftar menu, ada banyak sekali pilihan menu khas timur tengah dengan variasi harga yang masih merangsang nafsu makan, namun karena kami memang ngidam nasi briyani kamipun hanya memesan nasi briyani, teh arab dan salad buah sebagai desert.

Dan gak pake lama menunggu, seporsi nasi briyani kambing bakar datang dihidangkan ternyata porsinya cukup mengejutkan memang sama dengan porsi orang arab "XL" loh piringnya ditambah 2 potongan daging kambing bakar, taburan kacang almond, sambal khas, acar dan emping wwwooww... membuat ubun - ubun berkeringat seketika dan air liur banjir,, (untung gak ngences)

Nasi Briyani Kambing Bakar, pic by : Food Opera Pekanbaru

Sedikit berbagi rasa Nasi Briyani yang satu ini pas di lidah kami, daging kambing bakarnya sangat lembut dan gurih, jangan takut kolestrol karena nasinya sudah lengkap disajikan dengan acar juga hehhe.. menghabiskan seporsi nasi briyani ini bagi kami cukup membutuhkan usaha ekstra karena porsinya cukup banyak. setelah selesai dengan nasi briyani kami lanjutkan meneguk Teh Arab yang menghangatkan rasanya mirip - mirip bandrek karena ada rempah - rempahnya juga.

Sambil ngobrol - ngobrol kamipun menyantap salad buah segar sebagai desert, dan lengkaplah sudah wisata kuliner malam ini.. alahamdulillah... nikmat....  ehh sebelum pulang jangan lupa bayar... hampir lupa ngasih tau kalau disini juga ada menu nasi arab yang dimakan rame - rame satu piring besar.. makannya pakai tangan rame - rame wahh seru sekali pastinya nanti kesempatan selanjutnya kami pengen cobain yang ini rame - rame..

author

Leave a reply "Ngidam Nasi Briyani Kambing Bakar di Pekanbaru"