Membangun Industri Pariwisata Riau

4 comments 3398 views

H Said Syarifuddin, SE.MP. Kadis Pariwisata Provinsi Riau

Meskipun kondisi alam di Riau terbatas dan berbeda dengan daerah lainnya yang memiliki gunung, tapi Riau memiliki 290 daya tarik wisata, Riau memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Potensi wisata Riau ini sebenarnya dapat dilihat dari alamnya.

Di  setiap sudut daerah kota dan kabupatennya memiliki keindahan alamnya yang unik dan memiliki ciri khas tertentu, seperti air terjun (yang terdapat di Rokan Hulu dan Kuansing ), Taman Nasional seperti Bukit tiga puluh di Inhu, Tesso Nilo di Pelalawan, Tahura, Giam Siak Kecil hutan lindung, serta flora dan fauna yang indah dan unik, yang juga merupakan paru - paru dunia, Istana Siak di Kabupaten Siak, Danau (yang terdapat di regnat, indragiri Hulu) hutan mangrove di Bengkalis, Meranti, Kota Dumai, Indragiri Hilir, Pantai Rupat utara, Selat Baru Bengkalis dan Pantai Solop di Indragiri Hilir, Candi Muara Takus dan Buluh Cina di Kampar. Mesjid Annur dan Mesjid Raya di Pekanbaru, Mesjid Jamik Kampar, Makam Sech Abdurahman Sidik di Indragiri Hilir dan lainnya.

Bahkan saat ini Riau memiliki wisata minat khusus, yaitu Bono yang merupakan ombak di sungai yang terletak di kawasan Teluk Meranti, Pelalawan, yang ombaknya cukup indah dan memiliki ketinggian hingga mencapai enam meter dengan durasi bermain selancar yang mencapai dua jam sepanjang 18 kilometer.

Secara universal hal ini merupakan nilai plus dari industri wisata di Riau, karena Bono ini hanya terdapat di tujuh negara di dunia dan salah satunya yang terdapat di Riau ini. Namun yang memiliki keindahan dan ombaknya yang tinggi hanya terdapat di Riau dan di sungai Amazon, Brazil. "Karena itu  kedepannya pemerintah Indonesia akan menjadikan wisata Bono ini menjadi wisata unggulan di Indonesia" ungkap H. Said Syahrifuddin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau.

Meskipun demikian, ketersediaan infrastruktur dan fasilitas di provinsi Riau ini masih menjadi kendala utama dalam pengembangan industri pariwisatanya karena memang letak dari objek wisata di Riau ini masih membutuhkan perbaikan dan perhatian khusus. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menjadikan wisata Bono sebagai wisata Dunia.

Selain itu event tahunan yang diselenggarakan setiap kabupaten yang ada di Riau juga merupakan Industri pariwisata Riau yang cukup berpotensi sperti Pacu Jalur di Kuansing yang setiap tahunnya dikunjugi oleh ratusan ribu wisatawan domestik. Begitu juga dengan Bakar Tongkang di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, yang dapat menarik wisatawan domestik dan manca negara sampai 50 ribu wisatawan. Dan di beberapa kabupaten lainnya juga memiliki event seperti festival Budaya Melayu, Festival Budaya Serumpun, 10 K dan Festival Bandar Kayangan dan lainya.

teso nilo

Perkembangan kota Pekanbaru saat ini cukup luar biasa. Begitu juga dengan perkembangan ekonomi dan pariwisatanya. Apalagi di Riau telah diselenggarakan ajang Pekan Olahraga Nasional ke XVIII 2012 dan yang akan datang ISG 2013. Banyak investor yang membangun hotel berbintang yang tentunya bukanlah bisnis musiman, namun merupakan bisnis yang permanen sehingga layak untuk dikembangkan sebagai wisata belanja dan MICE.

"Sementara itu data laporan dari pihak Bandara Sultan Syarif Kasim II menunjukkan angka penerbangan yang datang ke Pekanbaru semakin tinggi. Terbukti dengan masuknya Pekanbaru sebagai tujuan penerbangan ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Bali. Hal ini membuktikan bahwa sudah banyak peminat atau wisatawan yang datang ke kota Pekanbaru ini, " Jelas Said.

Beberapa program dari Disbudpar RIau dan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mempromosikan pariwisata baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dalam hal promosi ada beberapa kategori yang perlu diketahui, yaitu promosi kelompok utama, promosi kelompok madya dan promosi kelompok pratama. Berdasarkan statistik kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, lebih dari 72% merupakan wisatawan asal Malaysia dan sekitar 20% berasal dari Singapura.

Seperti yang tercantum pada tujuan PON XVIII Riau 2012, yaitu sukses promosi daerah, ada beberapa program yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau untuk mempromosikan industri pariwisata Riau saat ini yaitu :

1. membagikan selebaran atau leaflet dan booklet tentang informasi tempat - tempat pariwisata dan kebudayaan yang ada di RIau kepada atlit - atlit dan para official .
2. Mengadakan acara pergelaran seni kebudayaan melayu Riau di Taman Budaya Pekanbaru
3. Mengadakan acara pameran seni rupa.
4. Menggelar acara museum se-Sumatera
5. Menggelar Pameran Museum Olahrga
6. Melaksanakan Pawai Budaya Melayu
7. Mengadakan Malam seni semarak PON

Untuk meningkatkan industri pariwisata Riau, Dinas Pariwisata Riau insyaallah akan mendirikan information tourism center (ITC) pada tahun 2013. yang bertujuan untuk memberitahukan info tentang tempat - tempat wisata dan tujuan lainnya yang ada di Riau. Hal ini bertujuan agar mereka tidak bingung lagi begitu tiba di Riau.

Kami juga berharap peranan pelaku usaha untuk membuat paket - paket wisata yang berprioritas mendatangkan wisatawan ke daerah Riau.

Majalah Citra Riau - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau 

author
  1. author

    Andri Ala1 year ago

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    Reply
  2. author

    Bhery Adham II2 years ago

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata indonesia . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di <a href="http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id/"&gt; klik disini </a>

    Reply
  3. author

    Imel Kamelia2 years ago

    Saya tertarik dengan tulisan Anda.
    Saya juga mempunyai artikel mengenai Pariwisata di Indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesiacorner.gunadarma.ac.id/.

    Reply
  4. author

    Minang POs4 years ago

    membangunnye harus dengan sungguh2 wak..cari pemimpin yg tepat untuk riau bermarwah

    Reply

Leave a reply "Membangun Industri Pariwisata Riau"