Komunitas Aeoromodelling Pekanbaru, dari Pesawat Gabus Hingga Drone Canggih

LA Club Pekanbaru

LA Club Pekanbaru

Hampir satu abad sudah berlalu sejak pesawat terbang bermesin pertama kali sukses mengudara di Benua Biru Eropa, desain awalnya sangat sederhana yang dikembangkan oleh Wright Bersaudara. Sejak saat itu dunia dirgantara berkembang pesat hingga melahirkan beragam jenis mesin pesawat yang semakin canggih dan kuat. Pesawat udara yang ada saat ini telah dimanfaatkan diberbagai bidang seperti militer, komersil, logistic, modifikasi cuaca bahkan sebagai olahraga dan hobi.

Adalah Lancang Kuning Aeromodelling Club Pekanbaru (LA Club Pekanbaru) sebuah komunitas yang menjadikan pesawat udara sebagai hobi. Tentunya pesawat udara yang digunakan adalah pesawat model yang berukuran lebih kecil dari pesawat aslinya dan dikendalikan menggunakan radio control.

Jenis pesawat yang digunakan cukup beragam mulai dari pesawat  yang menggunakan motor listrik hingga mesin bakar yang suara dan rasanya menyerupai pesawat sungguhan. Selain tipe pesawat dengan sayap tetap anggota komunitas juga menerbangkan model helicopter yang dapat melakukan akrobatik udara hingga mampu membuat para penonton berdecak kagum. Selain itu juga ada model pesawat multirotor, model pesawat ini memiliki baling - baling sebanyak empat buah biasa disebut quadcopter, ada juga yang lebih dari empat. Pesawat multirotor kini tengah booming dan digandrungi para penghobi karena lebih stabil dan mudah diterbangkan.

Kreatifitas para anggota komunitas ini juga pantas diacungi jempol, tak hanya mampu menerbangkan tetapi juga mampu membuat dan mendesain model pesawat sendiri. Desain pesawat yang dibuat pun beragam dan hampir menyerupai bentuk pesawat sungguhan.

Para anggota komunitas juga tak sedikit yang jago merakit pesawat nirawak / drone, dengan menggunakan chip autopilot after market para pilot RC ini mampu merubah pesawat model terbang bebas tanpa perlu dikendalikan remote. Pesawat dapat terbang menuju titik yang sudah ditentukan dan kembali pulang secara otomatis.

Para Pilot RC ini rutin melakukan joyflight bersama setiap minggu. Sebagian anggota mengaku hobi ini banyak membawa manfaat seperti dapat mempererat tali silaturahmi dan mengurangi stress setelah menjalani rutinitas harian. (wp)

Bagaimana dengan anda, tertarik untuk mencoba hobi ini ?

 

author
  1. author

    Pekanbaru3 years ago

    Ganteng om Faris disitu 😀

    Reply
  2. author

    Hendra3 years ago

    Mantap coi…

    Reply

Leave a reply "Komunitas Aeoromodelling Pekanbaru, dari Pesawat Gabus Hingga Drone Canggih"