Ingin Membeli Kebun Sawit, Baca Tips Ini Agar Tidak Nyesal !

17 comments 46581 views

Bagi sebagian besar masyarakat Sumatera tentunya sudah tidak asing lagi dengan bisnis perkebunan kelapa sawit. Bisnis budidaya kelapa sawit sudah dikenal luas dan menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Sumatera khususnya di Riau. Bagaimana tidak, jika harga komoditi ini sedang baik petani bisa mendapatkan hasil panen kotor sebesar 2 juta rupiah/bulan dari setiap hektarnya untuk tanaman yang sudah berproduksi.

Dari waktu ke waktu pertumbuhan lahan kelapa sawit di Riau semakin tinggi sehingga banyak lahan yang terkonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Hal ini tentunya membuat ketersediaan lahan semakin menipis sehingga bagi anda yang baru ingin memulai tentunya harus menyiapkan dana lebih untuk membeli lahan kosong.

Saat ini untuk memulai bisnis perkebunan kelapa sawit setidaknya anda membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun sebelum tanaman kelapa sawit anda berproduksi dan dapat dipanen atau sering disebut TM (tanaman menghasilkan), selama masa tanaman belum menghasilkan (TBM) anda tentunya harus terus memberikan perawatan yang baik agar hasilnya baik.

Beruntungnya bagi anda yang tidak suka menunggu terlalu lama dimulai dari penanaman sampai dengan panen anda dapat membeli kebun sawit yang telah menghasilkan. Ada cukup banyak kebun sawit di jual dipasaran oleh pemiliknya, dan harganya pun bervariasi tergantung lokasi dan jenis tanahnya.

Jika anda sudah siap untuk berburu kebun sawit produktif  sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda tidak menyesal setelah membelinya. Berikut tips membeli kebun sawit produktif agar terhindar dari kerugian :

1. Perhatikan status hukum dan kepemilikan lahan !
Status hukum dan kepemilikan lahan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan agar anda tidak stress dikemudian hari. Jangan sampai kebun sawit yang anda beli berdiri diatas lahan sengketa yang tentunya akan banyak menelan biaya untuk mengurusi proses hukumnya.

Anda harus jeli menelusuri asal usul status lahan yang akan dibeli, jika lahan memiliki Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) yang jelas dan sah anda boleh sedikit tenang, namun akan lebih baik jika anda membeli lahan yang sudah memiliki sertfikat kepemilikan yang jelas. Hindari membeli lahan yang belum memiliki surat - surat yang jelas dan sah. Anda dapat menelusuri status lahan tersebut dengan bertanya kepada warga sekitar, perangkat desa, camat setempat.

Percayalah sedikit lebih kritis dan jeli menelusuri keabsahan status lahan yang ingin dibeli akan menguntungkan anda dimasa depan, karena sudah banyak kasus sengketa yang terjadi akibat ketidak-telitian dan menganggap remeh status kepemilikan.

2. Lokasi Lokasi Lokasi.. !
Membeli lahan sawit tak beda jauh dengan membeli properti, lokasi menentukan keberhasilan anda. Jika ingin kemudahan dimasa depan carilah Kebun Kelapa Sawit yang terletak tidak jauh dari Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit, hal ini akan memudahkan anda dalam mengangkut hasil panen. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Pabrik Kelapa Sawit akan menghemat ongkos angkut dan tentunya mengurangi kemungkinan buah restan (hasil panen tidak terangkut)

Satu lagi, lokasi kebun yang dekat dengan pabrik kelapa sawit tentunya akan memberi kemudahan untuk menjual hasil produksi kelapa sawit anda, karena disekitarnya selalu tumbuh agen- agen /makelar / tengkulak yang bersedia membeli hasil panen anda.

Namun perkirakan juga jarak Kebun Sawit dengan domisili anda, jarak yang terlalu jauh mungkin akan menyulitkan anda ketika ingin mengontrol keadaan kebun, sehingga anda memerlukan orang yang dapat dipercaya untuk menjaga kebun sawit anda.

3.  Perhatikan kualitas tanah
Bisnis perkebunan tentunya harus didukung oleh kualitas tanah yang baik sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Hindari membeli kebun sawit yang tumbuh diatas lahan gambut, selain rawan terbakar hasil produksi tanaman sawit yang tumbuh di lahan gambut juga tidak sebaik di lahan tanah mineral. Untuk itu mungkin anda harus mengeluarkan biaya pupuk ekstra agar tanaman tetap subur dan berbuah. carilah tanah mineral yang baik dengan unsur hara dan kelembaban yang cukup.

4. Survey harga
Sebelum membeli cobalah untuk membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga di lingkungan sekitar, hitung dengan anggaran yang anda miliki dan kalkulasikan dengan potensi produksi yang dapat dihasilkan. Cobalah untuk bernegosiasi dengan penjual jangan terburu - buru membeli jika ditawarkan dengan harga murah, bisa saja kebun sawit yang ditawarkan memiliki banyak masalah, seperti masalah hukum maupun teknis tanaman.

itulah tips dari kami, selamat berbisnis kelapa sawit. Dan tentunya mari kita jaga lingkungan dengan mengembangkan perkebunan kelapa sawit yang tidak merusak lingkungan.

Jika anda memiliki kebun kelapa sawit yang ingin dijual atau anda sedang mencari kebun kelapa sawit, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. 🙂

author
  1. author

    Serialam Sangatdd Tampan1 year ago

    ditawarkan untuk lokasi perkebunan seluas 2000Ha di seputaran Kabupaten Paser Kaltim dengan Surat lengkap + Tanda pembayaran PBB + surat dari Bupati PASER dan lain-lain, hub 081342080821

    Reply
  2. author

    Pemikir Langit Z1 year ago

    Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda, sangat membantu.
    Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id/

    Reply
  3. author

    Olympia Pia1 year ago

    Dijual kebun sawit luas 300 hektar umur 8 th, lokasi di barito timur kalimantan tengah, jarak dg pabrik 15 km, harga 45 jt perhelatan,berminat hub 082132036980

    Reply
  4. author

    Masdar Masfar1 year ago

    Dijual lahan kosong cocok untuk kelapa sawit luas 82.000 bisa beli 1000 ha, harga 5 jt perha,serius hub masdardimas3@gmail.com, 082151558542

    Reply
  5. author

    Daniello Adanie1 year ago

    Dijual 4.000HA tanah untuk perkebunan kelapa sawit lokasi di Tapanuli Selatan, Sumatera utara, topografi bagian utara, selatan, timur dan barat di kelilingi kebun kelapa sawit yang sudah terbukti hasil panen-nya, Hanya untuk yang berminat serius, diutamakan perusahaan, tanah dijamin tidak sengketa, surat2 lengkap. Hubungi langsung ke kuasa jual by email ke : daniello.adanie@gmail.com

    Reply
  6. author

    tommy kuncoro1 year ago

    saya mencari kebun sawit minimal luas 2000 Ha. legalitas cukup dan tidak sengketa . lokasi mana saja di wilayah hukum indonesia. hub. 0811727889. tommy kuncoro salim ( PT. GANDIWA JAYA PASIFIK

    Reply
    • author

      Masdar1 year ago

      Di jual lahan kosong cocok untuk kelapa sawit luas 84.000ha bisa beli 2000ha lokasi long ikis kaltim harga rp 5 jt/ha hub masdardimas3@gmail.com, 085352525384,0821515575542

      Reply
  7. author

    Johnny2 years ago

    Kami hendak menawarkan lahan kosong 19,000 hektar yang cocok untuk pengembangan tanaman kelapa sawit

    Perizinan sudah lengkap sehingga lahan lansung siap digarap saat itu juga

    Berikut informasi singkat atas lahan tersebut:
    – Luas: 19,000 hektar
    – Status perizinan: Izin Lokasi, AMDAL, dan IUP
    – Lokasi: Kab.Indragiri Hilir, Prov Riau
    – Kontur lahan: datar, tidak bergunung, tidak bergelombang
    – Vegetasi: kelapa tua, pohon nipah, pohon sagu, semak belukar
    – Jenis tanah: 100% non gambut (telah disurvey dan divalidasi BBPSDL)

    Bila berminat, silahkan hubungi nomor tertera untuk pembahasan lebih lanjut

    Terima kasih

    Johnny – 08127582228

    Reply
  8. author

    Sawitra Nyoman2 years ago

    Di jual kebun kelapa sawit luas 86 hektar posisi datar satu komplek dekat dengan jalan raya dekat dgn pabrik pengolahan sawit umur pohon 5 th lokasi kebun Maringin Jambi sumatra dgn harga 6 milyar semuanya berminat hub 082 146 32 72 48 atau email biod70@yahoo.com

    Reply
  9. author

    Ibrahim2 years ago

    Dijual Kebun Sawit di desa Sekumbung Kab. Muaro Jambi, Propinsi Jambi dengan luas 170 HA dengan alas hak Sertifikat Hak Milik sejumlah 162 HA, sisanya Sporadik. Tanaman Menghasilkan 25 HA (thn tanam 2008) dan 50 HA (thn tanam 2010/2011), produksi saat ini sekitar 60 ton/bln. Tanah datar dan tanah mineral. Lokasi ditepi jalan aspal/poros desa Sekumbung, jarak 27 KM dari kota Jambi dan PKS terdekat 15KM. Ada kebun durian unggul, duku palembang, rambutan binjai, mangga thailand thong dam, pohon aren dan jambu air. Ada 3 rumah 2 gudang 1 garasi. Harga seluruhnya Rp.10M. Untuk survey lokasi hubungi pak Hambali (kuasa jual) atau Muslim di kebun dgn No. HP : 082376436612. (pemilik Bpk H. Ibrahim – HP : 0812 8899 0508).

    Reply
  10. author

    Ibrahim2 years ago

    Dijual Kebun Sawit di desa Sekumbung Kab. Muaro Jambi, Propinsi Jambi dengan luas 170 HA dengan alas hak Sertifikat Hak Milik sejumlah 162 HA, sisanya Sporadik. Tanaman Menghasilkan 25 HA (thn tanam 2008) dan 50 HA (thn tanam 2010/2011), produksi saat ini sekitar 60 ton/bln. Tanah datar dan tanah mineral. Lokasi ditepi jalan aspal/poros desa Sekumbung, jarak 27 KM dari kota Jambi dan PKS terdekat 15KM. Ada kebun durian unggul, duku palembang, rambutan binjai, mangga thailand thong dam, pohon aren dan jambu air. Ada 3 rumah 2 gudang 1 garasi. Harga seluruhnya Rp.10M. Untuk survey lokasi hubungi pak Hambali (kuasa jual) atau Muslim di kebun dgn No. HP : 082376436612. (pemilik Bpk H. Ibrahim -HP : 0812 8899 0508).

    Reply
  11. author

    arman2 years ago

    dijual tanah kosong untuk kebun sawit. luasan 50.000ha didaerah kalimantan tengah.
    harga 3.500.000 per ha.
    serius buyer hub armankurniawan0710@gmail.com

    bisa beli eceran minimal 1.000ha

    Reply
  12. author

    Ryani Puspita Sbe2 years ago

    bagaimana kalau kebun sawit tersebut yang stausnya bergabung Plasma atau yg dikelola perusahaan, sehingga tiap 2 bulan sekali kami mendapat transfer dari perusahaan, apakah perkebunan model begitu dapat dikeluarkan sertifikat atau Surat Keterangan Ganti Rugi, dan bagaimana status tanah tersebut

    Reply
  13. author

    fizom2 years ago

    dijual kebun sawit 120 ha (2 hamparan )
    lokasi di ujung gading. kec.lembah melintang kab.pasbar. lahan berada di dkt pt.pasaman marama (incasi raya group). u info hub di 082384800443/ pin bb 5A871538.

    Reply
  14. author

    Muhammad Baitul Ilmi2 years ago

    Di jual Cepat Lokasi Perkebunan Kelapa Sawit 20 hektar Harga 4.000.000.000 Lokasi Sekitaran Pabrik Kelapa Sawit Milik PT Surya Raya Lestari I Desa Saptanajaya Kec. Duripoku Kab. Mamuju Utara Penghasilan perbulan 50-80 Juta
    minat seriua
    Hub.
    085330674993

    Reply
  15. author

    Sarjito2 years ago

    Bagi yang berminat memiliki/membeli kebun kelapa sawit diarea Riau, bisa menghubungi saya di 082385183439 ato pin bb 2BA82157 (sarjito ardirizki) lokasi datar tanah mineral, surat kepemilikan sah, SKGR sampai sertifikat kisaran harga 80-110jt per hektar, saya bersedia mempertemukan dengan penjual dan nego langsung, saya siap mencarikan lahan siap produksi usia 5-10tahun luasan 100-2000 hektar, terimakasih salam salut

    Reply
  16. author

    markus tulus2 years ago

    Di jual kebun sawit pribadi luar 300 Ha sisa lahan pengembangan 635 Ha, rincian kebun tertanam 250 ha sdh tanam usia 4 thn dan sdh panen 70 ton bln estimasi panen raya di bln mei 2015 ini 250 ton, 50 ha thn tanan des 2014/legalitas surat SKT Camat ijin garap kebun kelompok tani , bibit marihat, harga permintaan rp.65jt/Ha lokasi pundu sampit kalteng minat hub owner markus t. Hp 08530488444

    Reply

Leave a reply "Ingin Membeli Kebun Sawit, Baca Tips Ini Agar Tidak Nyesal !"