IndoAtlas, Perusahaan Survey Canggih Rintisan Anak Riau

No comment 768 views

Riau memang dikenal sebagai Provinsi yang kaya akan Sumber Daya Alam, tak dapat dupungkiri lagi jati diri Riau tersebut memang terbukti dengan jutaan hektar hamparan tanaman perkebunan, hutan industry serta jutaan barrel minyak yang berada diperut bumi Riau. Tentu saja dengan semua kekayaan itu geliat roda bisnis di Riau terus berputar dan membuka berbagai peluang usaha baru dalam memanfaatkan kekayaan alam tersebut.

Adalah Tengku Faris anak muda Riau yang berdomisili di kota Pekanbaru ini jeli melihat peluang bisnis baru yang masih sepi pemain, bersama dua temannya Deni Hidayat dan Agus Prayogi mereka mendirikan sebuah Perusahaan Survey yang kemudian diberi nama IndoAtlas. IndoAtlas adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa survey  pemetaan dan konsultan perkebunan kelapa sawit.

IndoAtlas sendiri bukan perusahaan survey sembarangan, salah satu produk utamanya adalah pemetaan berbasis fotogrametri melalui udara yang menggunakan Drone canggih berkelas dunia (UAV Photogrammetry). Hasil dari foto udara Drone nantinya akan diolah dengan software canggih sehingga bisa memberi gambaran Kebun / areal yang di foto sesuai keadaan sebenarnya lengkap dengan Data Spasial. Teknologi ini sama seperti memindahkan kebun ke dalam komputer kita yang bisa diakses kapan saja untuk berbagai keperluan.

Peta Orthophoto Kebun Kelapa Sawit

 

“saat ini kami memiliki beberapa jenis produk jasa yaitu pemetaan berbasis foto udara dengan drone, pembuatan video company profile dengan drone, foto udara bangunan seperti hotel, apartment untuk promosi hingga pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG / GIS) seperti website GIS dan analisis GIS lainnya. Kita juga melayani berbagai permintaan khusus yang memerlukan penggunaan teknologi Drone” jelas Faris saat ditemui di kantornya.

Ketika ditanya apa saja manfaat yang didapat dengan menggunakan teknologi UAV Photogrammetry, Faris menjelaskan “teknologi ini memiliki banyak sekali manfaat, dalam hal legalitas nantinya areal yang sudah di survey akan memiliki data Spasial yang akurat sehingga berguna dalam pembuatan izin usaha, pengurusan HGU maupun sertifikat kepemilikan yang jelas batas – batas dan ukurannya, untuk perkebunan kelapa sawit sensus pokok sawit akan lebih akurat dan reliable yang tentunya akan bermanfaat nantinya ketika membuat rencana pemupukan dan belanja bahan kimia. Selain itu model yang diciptakan dari data foto udara dapat digunakan untuk menganalisa kontur, aliran air, volume timbunan galian, mengukur jarak serta banyak lagi manfaat lainnya yang semuanya dapat dilakukan hanya dengan ‘klik’ di komputer tanpa harus turun kelapangan lagi”

digitasi-kelapa-sawit

Digitasi pokok kelapa sawit untuk palm counting

IndoAtlas yang sudah berdiri pada tahun 2015 lalu tidak hanya melayani perusahaan besar saja namun juga melayani costumer perorangan yang memiliki areal yang perlu dipetakan seperti kavling sawit, tanah kavlingan, developer perumahan dan keperluan lainnya. Untuk tariff UAV Photogrammetry IndoAtlas mematok mulai dari empat puluh ribu rupiah per hektar untuk areal yang luas serta tariff khusus untuk areal yang kecil disesuaikan dengan tingkat kesulitan pekerjaan sedangkan untuk pembuatan video company profile berkisar mulai dari lima belas jutaan.

Untuk detil lengkap beragam jenis produk jasa IndoAtlas dapat langsung mengunjungi website IndoAtlas di www.indoatlas.net follow juga instagramnya di www.instagram.com/indoatlas serta page facebook di www.facebook.com/indoatlas

author