HUT ke 230 Pekanbaru Gelar Great Sale

No comment 1341 views

Sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Kota Pekanbaru bakal menyuguhkan kado istimewa bersempena hari jadi Pekanbaru yang ke-230. Mulai 1- 30 Juni mendatang enam pusat belanja yang ada di Pekanbaru akan dibanjiri diskon lewat program Pekanbaru Great Sale.

Hal itu disampaikan Panitia Pekabaru Great Sale yang terdiri dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Panitia HUT Pemko Pekanbaru, Kadin Kota Pekanbaru dan Asita Riau saat berkunjung ke Kantor Tribun Pekanbaru, Kamis (22/5).

Menjadi Kota Pekanbaru sebagai Kota Wisata Belanja. Itulah harapan yang ingin dicapai dalam ajang Pekanbaru Great Sale tersebut. Lebih jauh event yang bakal diadakan tiap tahun menjelang ulang tahun Kota Bertuah ini bukan hanya diperuntukan bagi masyarakat Pekanbarusaja. Tapi mencakup seluruh Riau bahkan menjadi serbuan warga dari provinsi lain di Sumatera.

Panitia HUT Pekanbaru 2014 dari Pemko Pekanbaru, Herry Mufti menyebutkan, Pekanbaru Great Sale itu nantinya bakal menjadi entry point untuk menjadikannya sebagai event rutin tiap tahun. Bahkan bukan tidak mungkin sebagai daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Pekanbaru baik dari pengunjung domestik maupun internasional.

Pedagangan dan jasa merupakan dua sektor yang menjadi tulang punggung pemerintah Kota Pekanbaru dalam mendapatkan pundi-pundi penerimaan daerah. Suksesnya event itu nantinya tentunya ikut mendongkrak sektor lain yakni kepariwisataan terutama bidang wisata belanja dan juga MICE.

“Dari segi keindahan alam tentu kita tak bisa bersaing dengan daerah lain. Harus dari lini lain yang harus dikembangkan. Satu diantaranya adalah menjadikan Pekanbaru untuk diserbu para penggemar belanja dari berbagai penjuru kota di Indonesia maupun mancanegara,” katanya.

Dijelaskan Perwakilan dari APPBI Riau yang juga merupakan Marketing Operasional Manager Mal SKA Imron Amir mengatakan, tahun-tahun sebelumnya APPBI juga sudah melaksanakan hal serupa. Bahkan seperti yang telah dicapai pada pelaksanaan 2010 lalu, nilai transaksi yang berhasil diperoleh sebesar Rp 14 miliar lebih.

Enam pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru yang tergabung dalam APPBI Riau adalah Mal SKA, Mal Ciputra Seraya, Mal Pekanbaru, Citra Plaza, Senapelan Plaza, Plaza Sukaramai dan Mal Metropolitan City Panam. Keenam pusat perbelanjaan ini bakal menyuguhkan diskon dengan besaran nilai yang cukup fantastis.

Sementara itu Ketua DPD Asita Riau, Ibnu Masud mengatakan, program tersebut sudah sangat cocok dilakukan di Pekanbaru. Perkembangan dunia usaha yang meningkat pesat, adanya mal sebagai pusat perbelanjaan menjadikan perputaran uang di KotaPekanbaru cukup besar.

Ditambahkan Ketua Kadin Kota Pekanbaru, Sufirman, kegiatan tersebut tak hanya menguntungkan masayarakat yang dapat berbelanja murah. Pengusaha yang terlibat dalam event ini juga akan mendapatkan keuntungan. Begitu juga dengan Pemko yang akan mendapatkan PAD.

“Saya melihat untuk Sumatera belum ada yang menggelar kegiatan ini. Jadi bisa dibilang ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Sumatera,” katanya.

Panitia Pekanbaru Great Sale tersebut berharap peran serta media masa yang ada di Pekanbaru untuk menggaungkan acara tersebut sehingga tersebar luas ke masyarakat. Sehingga iven mampu menarik masyarakat dari luar Pekanbaru untuk datang berbelanja pada saat event berlangsung.

Rombongan Panitia Pekanbaru Great Sale disambut Koordinator Liputan Tribun Pekanbaru, Rinal Sagita didampingi Manager Iklan, Ria Darmasari dan Manager Sirkulasi, Arya. Rinal mengatakan, kegiatan tersebut dapat menancapkan image Kota Pekanbaru sebagai kota tujuan belanja.

“Sejauh ini, untuk beberapa daerah di Riau sendiri memang sudah menjadikan Kota Pekanbaru sebagai tempat yang didatangi terutama pada akhir pekan untuk berbelanja. Bahkan juga banyak dari provinsi lain. Tak heran kita lihat jika hotel-hotel pada akhir pekan terutama yang berdekatan dengan mal selalu penuh,” katanya.

Sepuluh tahun terakhir, Pekanbaru sudah menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Terutama dalam aspek perubahan life style yang sangat tinggi. Denyut ekonominya juga berdetak sangat cepat. Sehingga sudah sangat tepat jika Pekanbaru memiliki ikon yang gaungnya sampai ke mancanegara.

Sejauh ini sale yang dilakukan mal sudah tiap hari. Tapi kali ini memang berbeda. Tentunya harus dikemas sekreatif mungkin sehingga memiliki gema dengan melakukan strategi komunikasi dan memborbadir gelaran ini sehingga menjadi besar.

“Kita dari media sangat mendukung untuk hal-hal yang dapat menjadikan Kota Pekanbaru ini menjadi besar. Tentunya dengan cara ikut menyebarluaskan berita ini sehingga tersiar ke seluruh pelosok negeri,” tambahnya.

author

Leave a reply "HUT ke 230 Pekanbaru Gelar Great Sale"