Gulai Asam Pedas Patin Riau

2 comments 3962 views

(wisatapekanbaru.com) Gulai asam pedas cukup dikenal umumnya di daerah sumatera. Masakan atau makanan pengiring nasi ini merupakan masakan favorit terutama daerah melayu dan minagkabau. Untuk menemukan masakan gulai asam pedas ini tidaklah sulit setiap rumah makan yang ada di daerah riau yang merupakan rumah makan melayu dan minang bisa dijumpai dan senantiasa tersedia.

Orang orang luar riau yang datang ke daerah ini apabila makan di rumah makan maka masakan gulai asam pedas ini tak akan terlupakan. Apalagi jenis ikan yang digulai asam pedas merupakan ikan yang khas pula di daerah riau yakni ikan patin. Ikan patin sangat mudah ditemui di daerah riau terutama daerah Indragiri hulu (rengat _ dan Indragiri hilir (tembilahan). Jenis ikan ini hidup di muara – muara yang berlumpur, paling suka hidup di air payau yang merupakan pertemuan air laut dan air sungai

gulai asam pedas

Asam pedas Patin Riau

Ikan patin ini memiliki daging yang lembut dan enak, sepintas terlihat menyerupai ikan lele, warnanya juga sama yakni kehitaman dan juga memiliki sirip yang tajam. Oleh karena itu apabila hendak memegangnya harus berhati – hati jika tidak maka tangan kita dapat tertusuk oleh sirip yang sangat tajam itu. Ikan ini juga termasuk ikan yang ganas, karena sangat rakus terhadap makanan apa saja dan paling suka makan usus ayam yang busuk.

Untuk memasaknya misalnya satu kilogram ikan patin diperlukan satu ons cabe yang digiling halus, lima buat tomat yang sedang digiling halus, jahe, kunyit sebesar ibu jari, serai, daun salam , daun jeruk purut, garam, asam kandis, minyak makan, dan air. Cara pengolahan pertama sekali ikan dipotong – potong dan dibuang bagian dalamnya, kemudian hidupkan kompor serta panaskan kuali. Kuali diberi minyak goring sedikit , setelah cukup panas maka bumbu yang sudah digiling halus ditumis dengan minyak goring, masukkan ikan dan tuangkan air kedalamnya. Masukkan garam secukupnya dan tungg sampai ikan terasa enak dan sudah hilang bau amisnya, setelah itu angkat dan siap dihidangkan.

Majalah citra Riau

author
  1. author

    Rudy Indra6 years ago

    min, kenapa masih ada banner iklan ISG Riau di web ini? 🙁

    Reply

Leave a reply "Gulai Asam Pedas Patin Riau"