Air Terjun Aek Martua, Oasis Di Negeri Kaya Minyak

2 comments 5548 views

Indonesia tak salah mendapat sebutan “Zamrud Khatulistiwa”, negeri eksotis dengan deretan ribuan pulau dari sabang sampai marauke menyimpan sejuta pesona. Masih banyak tempat eksotis di pelosok negeri ini yang belum diketahui oleh Dunia salah satunya terletak di Provinsi Riau yang terkenal sebagai penghasil minyak bumi dan minyak kelapa sawit.

Adalah Air Terjun Aek Martua yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Aek Martua merupakan nama sebuah sungai yang ada di wilayah Desa Tangun Kecamatan Bangun Purba dan Air Terjun Aek Martua adalah air terjun yang tertinggi dari sekian banyak air terjun yang terdapat di sepanjang hulu sungai. Nama Aek Martua berasal dari bahasa Suku Mandailing yang memiliki makna Air Bertuah dalam bahasa melayu.

 

Lokasi Air Terjun Aek Martua berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan di kabupaten Rokan Hulu. Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena memiliki tiga tingkat. Aek Mertua memiliki panorama alam yang mempesona, airnya jernih dan segar jauh dari polusi sungguh membuat sedap mata memandang dan sangat menggoda pengunjung untuk berlama – lama bermain air.

Kawasan Aek Martua mempunyai luas sekitar 7.449 Km Persegi, disana terdapat tiga air terjun yang memiliki ketinggian berbeda – beda mulai dari 15 sampai 40 meter. Anda bisa bermain air dilokasi air terjun yang pertama yang memiliki hamparan batu yang cukup luas, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam seluas 250 meter untuk mandi

Untuk mencapai lokasi Air Terjun yang berkisar 130 Km dari Pekanbaru kita harus menuju Pasir Pangaraian terlebih dahulu, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun mobil travel yang banyak dijumpai, setelah itu menuju simpang Tangun dan dilanjutkan menuju Tangun. Dari pintu masuk objek wisata kita akan melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3.5 Km, dilanjutkan melewati kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 Km. Sepanjang perjalanan terdapat tanjakan dan turunan yang cukup curam sehingga para pengunjung harus ekstra hati – hati, namun sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan panorama hutan yang masih alami yang sedap dipandang mata. Jika anda berkunjung kesana sebaiknya memiliki kesabaran ekstra karena objek wisata ini belum dikelola secara professional sehingga masih banyak warga setempat yang melakukan pungutan liar dengan berbagai dalih seperti parker, pembangunan tangga kayu dan lain sebagainya.

 

.

author
  1. author

    pondok lempuk pekanbaru4 years ago

    luar biasa ternyata kita juga punya air terjun yang indah…

    Reply
  2. author

    Rental Mobil Pekanbaru TOP5 years ago

    Mari kita jaga kelestarianya,, jgan sampai tercemar oleh bahan2 kimia yg bisa merusak kadar air nya 😀

    Reply

Leave a reply "Air Terjun Aek Martua, Oasis Di Negeri Kaya Minyak"