20 Hotspot Terpantau di Inhu, Kabut Asap Jilid 2

No comment 1717 views

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Jarak pandang di Kota Rengat (Inhu) dan sekitarnya juga mulai terganggu. Dansatgas Penanggulangan Karhutla Kabupaten Inhu, Letkol Inf Albert Panjaitan mengatakan, dari laporan yang dia terima, Senin (15/9), terdapat 20 hotspot di daerah itu. Dari 20 hotspot tersebut, tujuh di antaranya terdapat di Kecamatan Peranap, dua di Kecamatan Seberida, lima di Kecamatan Rengat dan enam hotspot di Kecamatan Seberida.

‘’Setelah dicek ke lapangan, sudah ditemukan tiga lokasi karhutla masing-masing di Desa Kampung Dagang dan Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat, tepatnya sekitar 1,5 km dari jembatan satu Pematangreba. Kemudian di Desa Rawa Bangun Kecamatan Rengat, dan di Desa Pulau Gelang Kecamatan Kuala Cenaku,’’ ujarnya.

Komandan Kodim 0302 Inhu ini mengungkapkan, dari 20 hotspot tersebut, belum seluruhnya berhasil dilakukan pengecekan di lapangan. Sebab hotspot yang terpantau satelit belum tentu terjadi kebakaran. Meski demikian, Dandim sudah memerintahkan kepada seluruh personelnya agar melakukan pemantauan dan segera mengambil tindakan jika terjadi karhutla.

‘’Saat ini regu petama satuan karhutla telah diturunkan untuk melakukan pemadaman titik api di Desa Rawa Bangun. Sementara regu dari Dinas Kehutanan diturunkan di Desa Pulau Gelang, sedangkan untuk karhutla di Kampung Dagang dan Kuantan Babu ditangani regu dari Dinas Perkebunan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Penanggulangan Karhutla Inhu, Drs Adri Bahar mengungkapkan bahwa karhutla yang terjadi di Kampung Dagang dan Kuantan Babu diperkirakan seluas 10 hektare, di Pulau Gelang, Kuala Cenaku sekitar 20 hektare, sedangkan di Rawa Bangun sekitar 15 hektare. Saat ini tiga lokasi karhutla sedang dilakukan upaya pemadaman. ‘’Untuk Desa Rawa Bangun dilakukan upaya pemblokiran api agar tidak meluas dan api dapat segera dipadamkan,’’ jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana dan Konflik Sosial Dinas Kehutanan Inhu, Sambodo MT menambahkan selain di tiga lokasi tersebut, karhutla juga terjadi di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat. (kas)

author

Leave a reply "20 Hotspot Terpantau di Inhu, Kabut Asap Jilid 2"