10 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

1 comment 2142 views

(wisatapekanbaru.com) Anda ingin berlibur ketempat yang baru untuk melepaskan lelah dari rutinitas yang menjenuhkan ? tapi tidak ingin merobek kantong, jangan khawatir zaman sekarang liburan tak harus mahal jika anda tahu triknya. Penasaran ? coba ikuti tips liburan hemat berikut ini.

1. Survei tempat liburan
Banyak orang melakukan perjalanan wisata dan sesampainya di tempat tujuan mengalami kebingungan karena tidak punya persiapan dan tidak tahu sama sekali tentang kota atau Negara yang akan dikunjungi. Padahal jika sedikit saja mau berusaha kita bisa mencari tahu terlebih dahulu  tempat wisata yang akan dikunjungi melalui internet dan buku – buku wisata. Survei lewat internet adalah yang paling digemari saat ini anda bisa bergabung di forum para pelancong, membaca blog wisata, melihat kondisi geografis dan tempat menarik di google map. Promo tiket pesawat dan hotel pun dapat dicari dengan internet.

2. Bawa Uang Cash
Pastikan anda membawa uang cash yang cukup agar anda tidak bingung ketika kehabisan uang. Kehabisan uang dalam perjalanan tentunya membuat anda repot mencari ATM dan kemungkinan ATM Bank anda tidak tersedia di tempat tujuan wisata anda sehingga anda harus menggunakan ATM Bank lain yang menimbulkan biaya tambahan.

3. Berburu Tiket Pesawat Murah
Sebelum berwisata pastikan anda memiliki informasi yang selengkap mungkin. Mulailah berburu tiket pesawat murah yang sedang promo anda dapat mengecek di biro perjalanan, surat kabar dan internet serta forum backpacker.

4. Pilih Yang Nyaman
Naik pesawat udara memang cepat namun biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, jika budget terbatas anda bisa menggunakan transportasi alternatif seperti kapal laut atau perjalanan darat menggunakan mobil selain lebih murah  anda juga bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Pilihlah transportasi yang paling nyaman menurut anda agar liburan anda terhindar dari stress.. 😀

5. Berliburlah Saat Bukan Musim Liburan
Jika anda memiliki waktu yang fleksibel anda bisa melakukan liburan di saat bukan musim liburan. Hal ini akan menguntungkan karena banyak hotel dan maskapai banting harga menggelar tariff promo karena di saat – saat seperti ini sepi pengunjung. Selain itu anda juga dapat menikmati suasana yang tidak terlalu riuh.

6.  Free… Free.. Free…
Sebagai pelancong yang ingin menghemat kantong cobalah cari promo gratis seperti mencari hotel yang bagus cek tariff kamarnya dan cari tahu mungkin ada penawaran khusus seperti menginap dua malam gratis satu malam atau layanan spa gratis, antar jemput ke Bandara yang tentunya akan menghemat kantong.

7. Taxi atau Sewa Mobil ?
Saat ingin berkeliling di Kota/ Negara tujuan tentunya anda membutuhkan alat transportasi, anda perlu menghitung dan mempertimbangkan transportasi mana yang paling nyaman dan hemat, jika anda bisa menyetir dan memiliki GPS serta SIM yang berlaku di tempat tujuan wisata tidak ada salahnya menyewa mobil sehingga anda bebas pergi kemana saja.

 

8.  Cermat Memilih
Anda tentunya memiliki keterbatasan waktu dan uang pilihlah tempat wisata yang benar – benar unik yang dapat anda nikmati karena bisa saja anda tidak punya cukup waktu untuk berkunjung ke seluruh tempat wisata yang ada di tempat tujuan.

 

9. Berburu Cenderamata Murah
Berlibur tentunya tak lengkap tanpa oleh – oleh, bijaksanalah dalam berburu oleh – oleh. Anda dapat berburu oleh – oleh khas yang murah di pasar – pasar tradisionalnya atau langsung ke galeri tempat pembuatannya.

 

10. Tabungan Liburan
Nah.. jika sudah direncakan tentunya anda perlu mempersiapkan dana liburan, cobalah menabung dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan anda. Buat celengan khusus untuk uang liburan anda dan disiplin, anda bisa menyisihkan 5% - 13% dari penghasilan bulanan anda, masukkan juga recehan / sisa – sisa uang belanja anda dan anda akan takjub ketika melihat uang yang berhasil anda kumpulkan di akhir tahun.

author
  1. author

    Bhery Adham II4 years ago

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata indonesia . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di <a href="http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id/"&gt; klik disini </a>

    Reply

Leave a reply "10 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan"